Senin, 03 Februari 2014

Keutamaan Membaca Al Qur'an

Halo teman-teman, kali ini, Nida mau memberikan informasi tentang "Keutamaan Membaca Al-Qur'an" in shaa Allah, postingan ini juga bermanfaat bagi kalian :)



Al-Qur'an adalah kalam Allah Swt. berupa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw secara berangsur-angsur sebagai petunjuk bagi umat manusia hingga akhir zaman ditulis dalam mushaf diawali dengan surat Al-Fathihah dan diakhiri dengan surat An-Nas, diriwayatkan secara mutawir, dan membacanya termasuk ibadah. Adapun keutamaan yang Allah berikan kepada orang-orang yang membaca Al-Qur'an di antaranya adalah:

1. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda.
Rasulullah bersabda,
"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an) maka baginya satu kebaikan, dan kebaikan itu akan dilipatkan sepuluh kali pahala. Tidaklah aku katakan bahwa 'Alif lam mim' itu satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi)

2. Diampuni dosanya dan tidak disiksa oleh Allah Swt.
Rasulullah bersabda,
"Bacalah Al-Qur'an karena Allah Swt tidak akan menyiksa hati yang berisi (hafal) Al-Qur'an dan sesungguhnya Al-Qur'an itu adalah hidangan dari Allah Swt, barang siapa masuk padanya maka ia akan aman dan barangsiapa mencintai Al-Qur'an, maka bergembiralah." (HR. Ad-Darimi)

3. Mendapatkan syafa'at (pertolongan) dari Al-Qur'an.
"Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya pada hari kiamat nanti ia (Al-Qur'an) akan menjadi pemberi syafa'at bagi para pembacanya." (H.R Muslim)

4. Mendapatkan nikmat (derajat) kenabian, hanya saja ia tidak mendapatkan wahyu.
"Barangsiapa yang membaca Al-Qur'an, maka sungguh dirinya telah menaiki derajat kenabian, hanya saja tidak diberikan wahyu kepadanya." (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi)

5. Dikategorikan sebagai  orang yang baik secara lahir dan batin.
Rasulullah bersabda,
"Perempumaan orang mukmin yang membaca Al-Qur'an seprti buah sitrun (Citrus medica) yang baunya harum dan rasanya sedap. Perumpamaan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an seperti buah kurma, tidak berbau dan rasanya manis. Perumpamaan orang munafik yang membaca Al-Qur'an seperti sekuntum bunga, baunya harum dan rasanya pahit. Perumpamaan orang munafik yang tidak membaca Al-Qur'an seperti buah hanzalah (Colocynth) tidak berbau dan rasanya pahit."
Subhanallah, teman-teman.. begitu baiknya Allah kepada kita semua :)

6. Termasuk dalam golongan yang terbaik.
Rasulullah bersabda,
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

7. Mendapatkan kedudukan yang sangat tinggi di Surga.
Rasulullah bersabda,
"(Pada hari Kiamat), dikatakan kepada pembaca Al-Qur'an, 'Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau dulu menartilkan Al-Qur'an di dunia, sesungguhnya kedudukanmu (di surga) di akhir ayat yang engkau baca." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

8. Dikumpulkan bersama para malaikat.
Rasulullah bersabda,
"Orang yang membaca Al-Qur'an dan ia mahir dalam membacanya maka ia akan dikumpulkan bersama bersama para malaikat yang mulia lagi berbakti (taat). Sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an dan ia masih terbata-bata dan merasa berat dalam membacanya, maka ia mendapat dua pahala." (Muttafaq Alaih)

9. Mendapatkan derajat yang tinggi di sisi Allah.
Rasulullah bersabda,
"Sesungguhnya Allah akan menggikan (kedudukan) beberapa kaum dengan Al-Qur'an dan akan merendahkan (kedudukan) kaum yang lain dengan Al-Qur'an." (HR. Muslim)

10. Mendapat pemberian yang paling utama dari Allah.
Allah berfirman dalam hadits Qudsi,
"Barangsiapa tersibukkan oleh Al-Qur'an dan dzikir kepada-Ku dari meminta-ku maka Aku akan berikan padanya pemberian paling utama yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta (kepada-Ku)." (HR. At-Tirmidzi)

11. Orang tuanya mendapat mahkota kemulian di akhirat.
Rasulullah bersabda,
"Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan apa yang ada di dalamnya maka pada hari Kiamat Allah akan mengenakan kepada kedua orang tuanya mahkota (kemuliaan) yang cahayanya lebih bagus daripada cahaya matahari dalam rumah-rumah di dunia ini. Lalu apa dugaan kalian pada orang yang melakukan hal ini (membaca dan mengamalkan Al-Qur'an)?" (HR. Abu Daud)

12. Menjadi keluarga Allah yang berada di atas bumi.
Raulullah bersabda,
"Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia, lalu para sahabatnya bertanya, "Siapakah mereka itu ya Rasulullah?" Beliau menjawab: "yaitu Ahlul Qur'an. Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah."" (HR. Ahmad, An-Nasai, Ibnu Majah, Ad Darimi, dan Al Hakim)

13. Mendapatkan ketentraman dan rahmat.
Rasulullah bersabda,
"Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam sebuah rumah dari rumah-rumah Allah, sedangkan mereka membaca kitabullah (Al-Qur'an) dan mempelajarinya kecuali ketenangan turun (datang) kepada mereka, rahmat menyelimuti mereka, para Malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyebut-nyebut mereka pada orang-orang (penduduk langit) yang ada di sisi-Nya." (HR. Muslim)

14. Rumah yang di dalamnya dibaca ayat-ayat Allah akan terlihat oleh penduduk langit yaitu para malaikat, dan rumah yang tidak disebut di dalamnya ayat Allah ibarat rumah Yahudi dan Nasrani.
Rasulullah bersabda,
"Jadikanlah bacaan (Al-Qur'an) dan shalat kalian di rumah kalian, dan janganlah kalian jadikan rumah kalian sebagai kuburan, sebagaimana orang Yahudi dan Nasrani yang menjadikan rumah mereka kuburan. Sesungguhnya rumah yang dibaca di dalamnya Al-Qur'an maka akan terlihat oleh penduduk langit sebagaimana terlihatnya bintang oleh penduduk bumi."  (HR. Ibnu Abi Syaibah)

15. Setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.
Rasulullah bersabda,
"Janganlah kalian jadikan rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah." (HR. Muslim)

Nah, sekian postingan kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam kata-kata. Thank you for visiting my blog :) Ditunggu saran dan kritiknya^^

1 komentar: